Kelebihan WhatsApp Dibanding Aplikasi Chat Lain

Jumlah pengguna aktif WhatsApp setiap harinya saat ini mencapai 1 miliyar.

WhatsApp dianggap lebih simpel dan yang paling utama; tanpa adanya iklan. Kelebihan WhatsApp cukup mampu membuat aplikasi ini menjadi pilihan utama sampai kemudian saat ini muncul banyak Group WhatsApp (GWA) yang digunakan untuk keperluan "meeting verbal".

WhatsApp merupakan salah satu media untuk berinteraksi dengan pengguna cukup banyak di Indonesia. Keberadaannya memang sering dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi dan saling sapa antar-teman dan kenalan. Operasinya yang tergolong mudah menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi obrolan yang digemari banyak kalangan.

Saat ini, pengguna WhatsApp secara global sudah mencapai 1 miliyar pengguna aktif di setiap harinya. Dari jumlah pengguna tersebut, menurut data dari Digital Trends, setiap hari ada 55 miliyar pesan dikirim melalui WhatsApp. Kemudian, dari angka ini disebutkan bahwa 4,5 miliyar pesan di sana merupakan kiriman dalam format foto. Sedangkan untuk pesan video berjumlah 1 miliyar. Sisanya, pesan tulisan yang menjadi mayoritasnya.

Sejauh ini belum ada data pengguna WhatsApp di Indonesia yang dirilis secara resmi oleh Facebook sebagai pemilik aplikasi pesan singkat tersebut. Namun dengan jumlah penduduk sekitar seperempat miliyar, tentu saja pengguna WhatsApp di Indonesia tergolong tinggi.

Kenapa WhatsApp digemari? Berikut beberapa alasan sederhana yang kami rangkum dalam artikel singkat ini mengenai alasan mengapa banyak kalangan memilih aplikasi pesan singat ini untuk keperluan komunikasi mereka.

Pertama, operasi yang mudah.
Seperti kita ketahui, WhatsApp sedari awal menawarkan fitur-fitur sederhana yang sangat mudah digunakan baik oleh pemula maupun expert. Karena kemudahannya ini, WhatsApp seringkali menjadi pilihan utama untuk keperluan komunikasi verbal banyak kalangan.

Kita dimudahkan dalam urusan mengirim dan menerima pesan singkat, baik berupa tulisan, foto, maupun video. Kemudahan lain pada aplikasi ini yaitu tidak diperlukan sistem "undangan" layaknya aplikasi serupa yaitu BBM di mana pengguna harus meng-invite pengguna lain terlebih dahulu sebelum bisa saling kontak.

Kedua, tersedia di banyak platform.
Pada awal-awal rilisannya, WhatsApp hampir bisa dioperasikan melalui banyak sistem operasi ponsel dan komputer. Java Symbian pun, pada awalnya sempat bisa menggunakan aplikasi ini.

Namun demikian, WhatsApp kemudian secara resmi mencabut peredarannya untuk sistem operasi Symbian, bahkan kemudian juga untuk Blackberry. Pada awal tahun 2017 lalu, pengguna ponsel Blackberry tak lagi bisa menggunakan aplikasi chat ini.

Akan tetapi, semakin berkembangnya ponsel cerdas saat ini dengan tawaran harga terjangkau serta semakin berkurangnya pengguna "ponsel jadul" membuat WhatsApp tetap menjadi pilihan karena bisa dioperasikan dengan mudah untuk sistem operasi Android, iOS, bahkan ada pula WhatsApp untuk versi web.

Ketiga, beberapa provider memberikan layanan akses WhatsApp secara gratis.
Ini salah satu kelebihan lain WhatsApp, yaitu kita bisa mengakses dan mengoperasikan WhatsApp secara gratis. Beberapa provider di Indonesia memberikan layanan gratis akses WhatsApp ini. Pada saat tulisan ini diterbitkan, setidaknya ada dua provider di Indonesia yang membebaskan penggunaan WhatsApp dari kuota, yaitu Tri dan Axis.

Dengan akses gratis ini, kita jadi lebih mudah untuk menggunakan aplikasi WhatsApp kapan saja. Bahkan, dalam keadaan kartu sim kita tanpa kuota dan tanpa pulsa pun kita tetap bisa mengakses dan menggunakannya. Meskipun gratis, kita tetap bisa saling mengirim foto dan video. Jadi sedikit berbeda dibanding akses Facebook gratis ala Indosat.

Dari ketiga hal tersebut, WhatsApp memang masih digemari oleh banyak kalangan untuk keperluan komunikasi. Satu hal dari WhatsApp yang sekarang banyak dimanfaatkan oleh banyak orang yaitu sebagai forum terbatas berupa Group Chat. Melalui grup-grup yang dibikin di WhatsApp ini orang-orang menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan kawan-kawan tertentu seperti alumni sekolah, organisasi, paguyuban dan lain-lain.

Grup WhatsApp bahkan sudah menjadi keperluan yang sulit dihindarkan saat ini. Bahkan, satu orang saat ini bisa saja masuk ke dalam banyak grup WhatsApp. Kalian sendiri, saat ini masuk ke dalam grup WhatsApp apa saja, guys?

Belum punya aplikasi WhatsApp? Silakan download melalui PlayStore.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kelebihan WhatsApp Dibanding Aplikasi Chat Lain"

Note: only a member of this blog may post a comment.