Menulis Bisa Menghasilkan Uang. Bagaimana Caranya?

Menulis bisa menghasilkan uang dengan banyak cara.

Monetisasi blog, mengirim tulisan ke media, menerbitkan buku, atau mengikuti lomba menulis, merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita memiliki penghasilan dari menulis.

Writing/writersanctuary.com
Jika kita memiliki hobi membaca dan menulis, maka kita tentu akan dekat dengan dunia literasi, dunia tulis-menulis, dunia bacaan, dunia buku, dunia media. Kegemaran membaca dan menulis ini bisa ditumbuhkan, bisa pula ditunggu untuk tumbuh dengan sendirinya. Yang terkadang menjadi persoalan adalah tentang bagaimana kita merawat kegemaran positif seperti itu?

Persoalan tentang eksistensi semacam itu memang seringkali terjadi tidak hanya dalam dunia literasi, dunia kegemaran saja. Di berbagai kasus, menjaga dan merawat agar suatu perkara tetap eksis memanglah butuh kerja keras dan usaha ekstra serta tekad yang bulat. Namun pada intinya, kita tetap punya kans untuk bisa merawat perkara yang telah ada, sejauh kita masih punya kesadaran bahwa kegemaran kita ini sayang untuk disia-siakan.

Dalam dunia tulis-menulis, kita tentu akan memiliki kedekatan dengan beberapa media yang bisa kita jadikan ajang menyalurkan hobi dengan mengirimkan tulisan ke media yang bersangkutan. Atau jika tidak, kita bisa mengelola sendiri media kita dengan membuat blog untuk menyalurkan hobi tulis menulis. Paling tidak, kita pasti punya media yang sering kita akses untuk sekadar kita baca-bacai kontennya.

Pertanyaan berikutnya, mungkinkah dengan hobi tulis menulis kita dapat memiliki penghasilan? Jawabannya tentu saja bisa! Bagaimanakah caranya? Banyak! Nah, artikel singkat ini akan mengupas bagaimana caranya agar kita bisa memiliki penghasilan dari dunia tulis menulis.

Pertama, Membuat Blog dan Memonetisasinya
Sebuah blog bisa kita jadikan sebagai ladang mengeruk uang yaitu dengan memasang iklan di dalamnya, bahasa kerennya, monetisasi. Untuk pemasangan iklan ini, ada begitu banyak perusahaan yang bergerak di bidang advertising yang bisa kita ajak bermitra. Syaratnya? Punya blog. Detail caranya, bisa kita temukan di banyak kawan-kawan blogger yang telah membagikan tipsnya. Intinya, jika kita memiliki hobi menulis dan punya keinginan untuk menyalurkan hobi tersebut menjadi aktivitas blogging, kita akan mendapati jalan menuju monetisasi blog tersebut.

Kedua, Menulis dan Menerbitkan Buku
Sudah dipahami secara umum bahwa buku ada karena ada penulisnya. Buku ada karena ada tulisan di dalamnya. Nah, untuk itulah, ada peluang bagi kalian yang punya hobi menulis untuk menulis dan menerbitkan buku. Bagaimanakah caranya? Ya dengan menulis. Syaratnya? Bisa menulis dengan baik dan benar, serta tahu bagaimana melakukan riset untuk tema yang akan ditulis menjadi buku tersebut. Adakah syarat lain? Ada. Apa saja? Banyak, di antaranya yaitu punya link ke penerbit.

Ketiga, Mengirim Tulisan ke Media
Cara lain agar kita punya penghasilan dari hobi menulis yaitu mengirim tulisan karya kita ke media-media baik media offline seperti koran atau majalah, atau mengirim tulisan ke media-media online yang sekarang jumlahnya terus bertambah banyak. Ada banyak sekali media-media yang terbuka kepada siapa saja yang ingin mengirimkan tulisan. Di antaranya yaitu Kompas, Jawapos, Tempo, Mojok, Geotimes dan lain-lain.

Keempat, Mengikuti Lomba Menulis
Sekarang, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang secara berkala mengadakan event atau lomba menulis. Biasanya, lomba ini bersifat umum, jadi siapa saja bisa mengikutinya. Pula, biasanya lomba-lomba semacam ini diadakan dengan batasan bahwa gaya tulisan adalah gaya review produk. Untuk itulah, jika kalian punya keahlian dalam mereview produk, kalian bisa mencoba mengikuti lomba menulis yang dengan sangat mudah bisa kita temukan informasinya melalui media sosial atau melalui mesin pencari Google.

Itulah sedikit tips memperoleh uang dari hobi menulis. Ada begitu banyak cara agar kita memiliki penghasilan dengan jalan menulis. Yang telah disebutkan di atas barangkali hanya sedikit di antaranya. Untuk itulah, jika kalian merasa punya informasi lain mengenai bagaimana memiliki penghasilan dari menulis, kalian bisa menginformasikannya melalui kolom komentar.

Sekian dan,
Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Menulis Bisa Menghasilkan Uang. Bagaimana Caranya?"

  1. Replies
    1. Sejauh ini, dari hasil tanya sana-sini, saya temukan bahwa Adsense masih jadi primadona. Tapi selain adsense, saya enggak punya rekomendasi sih. Hehe.

      Delete

Note: only a member of this blog may post a comment.