Yang Diperlukan untuk Menjadi Blogger

Segala hal perlu memiliki persiapan, tak terkecuali dalam dunia blogging.

Untuk menjadi seorang blogger, kita harus mempersiapkan hal-hal penting agar kita tidak menjadi blogger yang hanya bisa sekadar posting konten copy-paste, blogwalking dengan hanya meninggalkan komentar "nice info", nyepam di blog orang lain, dan seterusnya. Kita harus menjadi blogger berkualitas bukan hanya mengejar popularitas atau profesionalitas saja.

gambar dari marketingblog.com
Saat kalian memutuskan untuk menjadi seorang blogger, hal apa saja yang perlu kalian pelajari dan persiapkan untuk kali pertama? Artikel ini akan sedikit membahas mengenai hal ini. Kira-kira, apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang blogger. Tak perlu ba-bi-bu, berikut adalah hal-hal yang perlu kalian persiapkan ketika kalian memutuskan untuk menjadi seorang blogger.

1. Kemauan
Pernah dengar ada pepatah bilang "ada kemauan, ada jalan"? Tentu pernah, kan? Nah, kemauan menjadi modal utama dan pertama-tama yang harus kalian miliki jika kalian memutuskan ingin menjadi seorang blogger. Untuk menumbuhkan kemauan menjadi seorang blogger, barangkali kalian bertanya-tanya bagaimana caranya menumbuhkan kemauan ini. Jawabannya tidak ada caranya. Ia harus tumbuh begitu saja dari dalam diri kalian masing-masing, atau dipaksa untuk tumbuh.
gambar dari tahupedia.com

Tanpa kemauan, mustahil kalian bisa menjadi seorang blogger. Dan dari kemauan inilah nanti akan mengalir perasaan-perasaan lain seperti nalar kritis, ingin tahu lebih banyak, minat belajar, dan seterusnya. Ketika kemauan sudah ada, pupuk ia dengan terus belajar tanpa lelah tanpa henti. Terus belajar untuk mau menjadi seorang blogger.

2. Kemampuan
Yang dimaksud dengan kemampuan di sini bukanlah kemampuan sebagai seorang blogger layaknya blogger profesional semacam Mas Sugeng, Darmawan, atau selainnya. Kemampuan di sini adalah tentang kemampuan bahwa kalian mampu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging. Mampu bertahan untuk terus belajar dan berlatih, belajar dan berusaha, belajar dan terus belajar.
gambar dari kafeinkode.com

Kemampuan di sini juga maksudnya yaitu kemampuan untuk menata diri agar tetap berada di jalan dan tujuan utama memilih menjadi seorang blogger. Mampu mempertahankan diri agar selalu fokus pada tujuan awal dan tujuan utama menjadi seorang blogger merupakan modal utama kedua setelah kemauan.

3. Belajar Membaca dan Menulis dengan Benar
Apa maksudnya? Maksudnya adalah bahwa kalian yang sudah memiliki tujuan untuk menjadi seorang blogger profesional, yang sudah memiliki kemantapan dalam hal kemauan dan kemampuan, harus mau belajar membaca dan menulis dengan benar. Artinya, kalian harus lebih banyak membaca. Ia, seperti pepatah lama, adalah jendela dunia. Itu benar, dan membaca yang benar di sini adalah kalian harus mengerahkan kemampuan otak kalian untuk mencerna mana bacaan yang baik dan jujur, serta mana bacaan yang hanya berupa berita hoax.
gambar dari flickr

Membaca yang benar tentu memberikan pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan niat kalian untuk menjadi seorang blogger. Jika kalian membaca hal-hal yang berisi pengetahuan nyata, tentu kalian nantinya akan pula memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar. Untuk sekadar masukan, bacalah berita di tirtoID, sejauh ini, situsweb mereka merupakan situs berita yang menyajikan informasi berimbang, kredibel, dan tentu saja syarat akan pengetahuan dan keilmuan positif. Selain tirto, ada baiknya juga kalian membaca-baca artikel di Mojok dan Basabasi.

4. Memahami Kebijakan Privacy
Ini sering diabaikan oleh banyak orang. Tak jarang di antara para blogger tidak memedulikan kebijakan privasi setiap perusahaan atau situsweb lain. Biar bagaimanapun, kalian yang ingin menjadi seorang blogger nantinya akan bersinggungan dengan perusahaan atau situs atau media massa online lain. Nah, di situlah kita kemudian perlu memahami dan mempelajari kebijakan-kebijakan privasi mereka.
gambar dari bayside community church

Kita tentu tak diperkenankan untuk melakukan copy-paste sebuah konten tanpa izin dari pemiliknya. Google sendiri seringkali mengingatkan agar setiap publisher-nya memerhatikan hal ini. Konten original menjadi hal penting yang harus kalian utamakan. Mencomot petikan artikel dari situs lain boleh dan sangat sah-sah saja, tapi itu tadi, kita harus memahami kebijakan privasi pemilik situs yang kita ambil petikan artikelnya. Apakah mereka memperkenankan kita mengambilnya tanpa izin atau harus dengan izin. Untuk menengahi hal ini, biasanya setiap perusahaan atau situsweb mempersilakan kontennya dikopi dengan syarat dicantumkan sumber aslinya.

5. Mengenal Segala Hal yang Berkaitan dengan Blog
Ini justru menjadi hal terpenting terakhir untuk dipersiapkan bagi kalian yang hendak menjadi seorang blogger. Bukan apa-apa, melainkan bahwa seringnya orang-orang justru terlalu terbuai untuk fokus pada pengenalan fungsi dan fitur-fitur dari blog. Percayalah, jika kalian melewati empat langkah di atas, kalian tak perlu mengenalinya di awal karena sudah pasti di kemudian, hal-hal mengenai blogging ini akan dengan sendirinya kalian kenali.
gambar dari lucidia.com

Kalian tentu kemudian akan paham apa itu Blog Walking (BW), Monetisasi blog dengan Google Adsense, Edit HTML, pasang-copot plug-in di blog, dan seterusnya dan seterusnya. Hal-hal semacam ini, barulah perlu kalian kenali jika empat langkah sebelumnya telah kalian lalui.

6. Restu Orang Tua
Satu hal penting jika kalian ingin menjadi seorang blogger, adalah bahwa kalian harus meminta restu kepada orang tua terlebih dahulu. Kalian harus mendapatkan lisensi resmi dari orang tua agar senantiasa proses serta prosesi kalian sebagai seorang blogger, lebih dimudahkan jalannya, dilancarkan, dan akhirnya tujuan kalian pun dapat tercapai serta tergapai cita-cita kalian.
gambar dari wikihow

Untuk memperoleh restu dari orang tua, ini kenapa letaknya di akhir, karena kalian harus menunjukkan dulu bahwa kalian mau dan mampu untuk menjadi seorang blogger. Biasanya, kebanyakan orang tau tidak mudah memberikan restu ketika belum apa-apa anaknya sudah menyampaikan tujuannya, apalagi sampai menyampaikan bahwa dengan menjadi blogger, maka kalian bisa menjadi kaya. Stop. Itu nanti dulu. Mintalah izin kepada orang tua secara wajar dan jangan lupa, tunjukkan dulu kemauan dan kemampuan serta semangat belajarmu di dunia blogging sebelum kalian meminta restu dari orang tua.

Setidaknya, itulah 6 (enam) hal yang perlu kalian persiapkan jika kalian memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Selain keenam hal tersebut, barangkali masih ada hal-hal lain yang sekiranya dapat menunjang keberhasilan kalian mewujudkan cita-cita menjadi blogger handal atau blogger profesional. Apa saja hal-hal lain tersebut? Silakan tuliskan di kolom komentar, jika berkenan. Atau lain kali, akan saya sampaikan lagi dalam artikel lain.

Terimakasih dan,
Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Diperlukan untuk Menjadi Blogger"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.