Apa Itu Media Sosial?

Media Sosial, Produk Internet yang Dapat Kita Manfaatkan untuk Menunjang Aktivitas Kita Sehari-hari.

Facebook untuk bisnis, Instagram untuk caper, WhatsApp untuk nyepik, Twitter untuk debat, Tumblr untuk belajar nge-blog, dan Pinterest untuk kulakan ide.

 
Internet menjadi bagian terpenting bagi kehidupan banyak orang di zaman sekarang. Melalui internet, kemajuan dan kemudahan berbagai aktivitas terus dikembangkan. Untuk berhubungan dengan kerabat, saudara, kawan, teman lama, keluarga, dan seterusnya, internet merupakan pilihan utama karena kemudahan dan relatif terjangkau. Seperti misalnya untuk menghubungi keluarga yang sedang berada di luar negeri, kita tentu akan lebih mudah dan termasuk murah dengan memanfaatkan koneksi internet yaitu dengan aplikasi telepon seperti WhatsApp, LINE, BBM dan seterusnya dibanding menghubungi melalui telepon selular.

Selain itu, dengan adanya internet pula kita jadi kian mudah untuk tetap berhubungan dengan kawan-kawan selingkaran kita yaitu melalui media sosial. Jika dulu setiap kali akan keluar bareng sama teman-teman kita kita perlu mengirimi mereka SMS satu per satu, kini dengan adanya media sosial, kita cukup membagikan status dengan menandai teman-teman kita secara simple, mudah, dan langsung ke sasaran.

Artikel ini akan mengantarkan kita pada pengenalan beberapa media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Jadi, jangan sampai kalian belum memiliki akun media sosial berikut, yah.

Pertama, Facebook.
Media sosial besutan Mark Zuckerberg di tahun 2004 ini masih menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak hingga saat ini. Menurut Anggita dalam tulisannya di Kompasiana, pada 2016 lalu ada 11.658.760 pengguna Facebook di Indonesia. Jumlah ini merupakan yang terbanyak kedua setelah Thailand. Dengan pengguna sebanyak itu, tentu Facebook sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak masyarakat kita di Indonesia.
 
Beberapa alasan yang mendasari orang-orang menggunakan media sosial ini yaitu karena fiturnya yang lengkap dan dapat diakses melalui berbagai platform mulai dari ponsel OS Symbian, Java, Blackberry, Android hingga iOS. Hal ini tentu merupakan perkara penting mengingat masih adanya masyarakat kita yang untuk mengakses internet masih menggunakan ponsel jadul.

Facebook juga memiliki fitur grup yang bisa dimanfaatkan untuk diskusi orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama, atau ajang jual-beli yang cukup membantu beberapa internet marketer pemula yang ingin mengembangkan bisnis online.

Kedua, Instagram.
Sejak diakuisisi oleh Facebook, Instagram kian melejit karena semakin mudah untuk ditautkan dengan akun Fcebook. Sehingga kita bisa dengan mudah membagikan moment foto kegiatan kita secara langsung ke dua media sosial yang berbeda yaitu Facebook dan Instagram.
Meski Instagram tergolong sulit atau bahkan tak bisa dioperasikan dengan desktop komputer, tapi karena pengguna ponsel cerdas kian hari kian bertambah banyak, maka hal ini bukan merupakan masalah besar bagi kita untuk memiliki akun instagram. Melalui aplikasi di smartphone kita, kita tentu bisa membagikan foto-foto aktivitas terbaik kita melalui instagram. Di samping itu, kita juga bisa memanfaatkannya untuk berbisnis, yaitu dengan mengiklankan produk yang ingin kita jual melalui postingan di instagram kita.

Ketiga, Twitter.
Meski setiap hal yang ingin kita unggah melalui twitter dibatasi hanya 140 karakter, namun pada kenyataannya hal ini justru menarik dan simple. Tak jarang justru kita dapat dengan mudah menemukan ide-ide tulisan panjang dalam twit-twit orang tertentu yang biasanya kita kenal dengan istilah kultwit (kuliah twitter). Untuk hal ini, biasanya pen-twit memberikan tanda untuk twit yang diunggahnya dengan tagar (tanda pagar #) untuk memudahkan pencarian arsip twitnya.
Di twitter, banyak muncul istilah-istilah yang kemudian akrab di telinga kita di era sekarang. Misalnya, kultwit tadi, twitwar; yaitu perang argumen melalui twitter, biasanya berisi perdebatan-perdebatan oleh satu akun dengan akun lain. Twitwar, hampir selalu ada di setiap isu yang sedang ramai di media massa. Ada pula istilah twitpic, yaitu mengunggah gambar di twitter, dan istilah-istilah lain.

Keempat, WhatsApp, BBM, LINE, WeChat.
Keempat media sosial ini lebih memfokuskan pada obrolan pribadi atau grup. Meski ada pula fitur untuk berbagi momen dalam bentuk tulisan, foto, ataupun video, tapi fokus WhatsApp, BBM, LINE, WeChat ini memang pada percakapan-percakapan privat atau grup. Ini memudahkan bagi kita untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama, atau tempat ngobrol bagi alumni sekolah, organisasi dan seterusnya.
Beberapa media sosial semacam ini memang kebanyakan hanya dapat diaplikasikan dengan menggunakan smartphone daripada komputer atau laptop. Sehingga kita diharuskan memiliki ponsel cerdas jika ingin memiliki akun media sosial jenis ini.

Kelima, Tumblr.
Tumblr merupakan media sosial yang lebih mengarah pada dunia blogging. Meskipun Tumblr terhitung lebih mudah dibanding platform blog lain seperti Blogger-nya Google atau Wordpress, tapi rupanya bagi kebanyakan bloger kawakan, Tumblr justru kurang memuaskan karena tergolong rumit untuk dioprek (diotak-atik jeroannya) tak seperti layaknya Blogger atau Wordpress.
Namun demikian, sebagai media sosial, Tumblr merupakan media yang sangat mudah operasinya. Ia bisa masuk ke banyak platform dari Android, iOS hingga desktop. Ini memungkinkan bagi kita untuk terus mengaksesnya di manapun, baik saat di rumah yaitu dengan menggunakan ponsel cerdas, atau di kantor dengan memanfaatkan laptop/komputer dan seterusnya.

Keenam, Pinterest.
Jika kalian ingin mencari inspirasi yang berisi foto-foto atau gambar-gambar unik, aneh, keren dan sebagainya, Pinterest bisa jadi media sosial yang paling tepat. Kalian akan dengan mudah menemukan foto-foto tentang arsitektur, olahraga, DIY-Project, quote motivasi dan seterusnya.
 
Di dalam pinterest, kita bisa memilih label apa yang ingin kita ikuti update-nya. Kita juga bisa menyimpan gambar dari pinterest tanpa memerlukan aplikasi tambahan layaknya instagram. Lebih dari pada itu, Pinterest relatif lebih simple dan gambar-gambar yang disuguhkan cukup memberi inspirasi seperti misalnya kita ingin melihat-lihat gambar kursi-kursi antik, maka di Pinterest kita tinggal mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari gambarnya.

Nah, itulah setidaknya enam dari sekian banyaknya media sosial yang pada era sekarang cukup dapat membantu kita untuk menunjang aktivitas kita. Jika kita ingin fokus pada jual beli produk, kita bisa memanfaatkan Facebook atau Instagram. Keduanya cukup bagus sebagai media untuk memulai memasarkan produk kita sebagai produk bisnis online. 

Jika kita ingin sekadar refreshing dan mencari inspirasi, kita bisa masuk ke akun pinterest atau tumblr. Di sana kita bisa melakukan pencarian postingan yang kita inginkan, baik berupa gambar maupun video-video singkat. Selain media-media sosial tersebut, tentu saja masih ada media sosial lain yang dapat kita manfaatkan dan kita pergunakan untuk mencari dan menemukan hal-hal positif di dunia maya.

Demikianlah artikel mengenai media sosial yang dapat kita manfaatkan untuk penunjang aktivitas keseharian kita. Masuk di dunia internet atau dunia maya, kita harus mendapatkan manfaatnya setidaknya informasi baru atau inspirasi.

Sekian dan,
Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Media Sosial?"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.