Cara Agar Bisa Bangun Pagi

Tidur lebih awal agar bisa bangun pagi.

Buat jadwal rutin sebagai aktivitas pagi seperti menyirami tanaman, berolahraga, atau bahkan sekadar ngopi pagi.

wake up in the morning/gambar dari the daily mind.

Dalam pembagian waktu, pagi menjadi satu waktu penting bagi kehidupan kita. Pada pagi harilah kita memulai aktivitas harian kita, merencanakan apa yang akan kita kerjakan selama sehari ke depannya hingga akhirnya berakhir di malam hari. Pada beberapa kasus, tak sedikit orang-orang merasa bahwa bangun pagi rupanya menjadi suatu masalah. Mereka yang kesulitan untuk bisa bangun pagi, mereka yang jarang dapat menikmati indahnya mentari bersinar di pagi hari, adalah mereka yang perlu kembali menata pola hidupnya.

Jika kita bisa bangun pagi, tentu akan banyak hal dapat kita kerjakan yang dapat memperlancar segala aktivitas lain pada waktu berikut-berikutnya. Bangun di pagi hari menjadi sebuah keharusan apabila kita ingin memiliki pola hidup yang sehat. Di pagi harilah kita dapat melakukan aktivitas penunjang kesehatan dan kebugaran tubuh kita seperti olah raga, meski olah raga tidak wajib hukumnya untuk dikerjakan pada pagi hari.

Dalam kesempatan kali ini, sedikit akan saya sampaikan pengalaman mengenai bagaimana caranya agar kita dapat bangun pagi sehingga aktivitas atau pekerjaan kita dalam sehari, dapat kita mulai dengan segera. Juga, dengan bangun pagi, kita dapat melakukan hal-hal positif terutama untuk kebugaran serta kesehatan tubuh kita.

Lalu, apa saja kira-kira hal yang perlu kita lakukan agar dapat bangun pagi setiap hari? Berikut adalah poin-poin yang saya rangkum dan saya kumpulkan dari beberapa sumber serta pengalaman pribadi saya selama ini.

Pertama, mengatur pola tidur.
Untuk bisa bangun pagi, kita perlu memiliki pola tidur yang baik, teratur, dan tentu saja cukup waktu. Karena itulah, hal pertama yang harus kita lakukan agar bisa bangun pagi adalah kita atur dulu pola istirahat atau jam tidur kita. Hal-hal yang dapat mengganggu waktu istirahat kita di malam hari, pelan-pelan perlu kita seleksi dan singkirkan jauh-jauh.
sleeping/huffingtonpost/Getty Images.

Nongkrong di kafe-kafe hingga larut malam, berkutat di media sosial, bermain game, nonton tv, dan hal-hal lain yang menyita waktu tidur kita di malam hari, harus kita hentikan. Aktivitas malam harus kita batasi agar dapat tidur lebih awal. Kita harus memahami bahwa untuk memiliki pagi yang berkualitas, kita juga perlu memiliki malam yang berkualitas. Dari sinilah, apabila kita sudah mampu mengatur pola tidur kita di malam hari, maka kita akan memiliki pagi yang cerah.
sleep mode your phone/CNN Money

Percayalah bahwa kita tidak akan menjadi orang yang sia-sia jika kita tidak terlalu lama bermain di media sosial pada malam hari hingga larut malam. Hentikan aktivitas malammu sesegera mungkin. Sadarlah bahwa ada hal yang perlu kita kerjakan esok pagi.

Kedua, membuat target aktivitas di pagi hari.
Jika kita sudah mulai membiasakan diri untuk tidak tidur hingga larut malam, tentu saja kita kemudian juga perlu membiasakan untuk memiliki target hal apa saja yang akan kita lakukan pada pagi hari. Ini penting karena jika kita memiliki target, maka kita akan lebih mudah untuk bisa bangun dari pada kita tak memiliki tujuan apapun di pagi hari untuk dikerjakan.
Jogging/livestrong.com

Belilah tanaman-tanaman dan taruhlah di pekarangan rumah, sirami ia tiap pagi. Atau, periksa sepatu olah raga kita, pakailah ia pada pagi hari untuk jogging atau sekadar lari-lari kecil di sekitar rumah kita. Hal-hal semacam ini perlu kita atur dan rencanakan sehingga dapat memicu semangat kita untuk bangun pagi.
Gardening/telegraph.co.uk

Di samping itu, baik pula bagi kita untuk memiliki rencana apa yang akan kita kerjakan pada hari itu. Nah, pada pagi hari, matangkanlah rencana tersebut. Bikin catatan-catatan kecil tentang hal-hal yang akan kita kerjakan. Bisa juga kita mencatatkan target mingguan, bulanan bahkan tahunan, dan membicarakannya pada pagi hari bersama keluarga kita sembari menikmati kopi susu, teh panas, dan seterusnya.

Selain kedua hal di atas, saya yakin masih ada banyak sekali hal-hal yang dapat mendorong kita untuk bisa bangun pagi. Tapi pada intinya, kita harus mengatur pola istirahat kita di malam hari, dan memiliki aktivitas pagi yang bermanfaat agar senantiasa kita dapat dengan mudah untuk bangun di pagi hari.

Sementara, demikianlah artikel mengenai cara agar bisa bangun pagi ini saya tuliskan. Di lain kesempatan, akan saya bahas pula bagaimana caranya agar bisa memiliki pola istirahat yang cukup, bagaimana melawan insomnia, dan sebagainya. Pun, di lain kesempatan akan saya sampaikan pula beberapa aktivitas pagi yang menyenangkan, yang harus kita jadikan aktivitas rutin setiap pagi untuk menunjang kualitas hidup kita.

Sekian, semoga bermanfaat dan,
Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Agar Bisa Bangun Pagi"

Note: only a member of this blog may post a comment.